Header Ads

Kanker diwariskan secara genetik dalam bentuk yang sama?

Jakarta Penelitian di Inggris menyebutkan, pada 2–3 kasus dalam setiap 100 jenis kanker yang didiagnosis (2–3%) berkaitan dengan faktor genetik. Dalam suatu keluarga dengan gen kanker, terdapat pola/tipe kanker yang spesifik. Semakin banyak anggota keluarga Anda menderita jenis kanker yang sama/berhubungan, dan semakin muda mereka terdiagnosis, maka risikonya semakin tinggi.

Jenis-jenis kanker tertentu dapat saling berhubungan. Misalnya, kanker payudara dan kanker ovarium dapat sama-sama menurun di keluarga. Atau kanker kolon dan kanker endometrium dapat menurun bersamaan di keluarga. Kondisi ini disebut dengan family cancer syndrome.

Jenis tumor jinak (bukan kanker) dan kondisi medis tertentu juga dapat saling berhubungan. Misalnya, jika anggota keluarga Anda memiliki neoplasia endokrin multipel, risiko anggota keluarga yang lain untuk terkena kanker tiroid dapat meningkat.

Risiko kanker tak hanya meningkat dan diwariskan oleh faktor genetik. Tidak memiliki riwayat anggota keluarga yang kanker, bukan berarti membuat Anda terbebas dari risiko kanker. Pola makan dan gaya hidup juga tak kalah penting untuk meningkatkan risiko kanker.

Sumber : Klikdokter.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.